Saturday 16 May 2015

Mengubah Do'a Agar Menjadi Nyata

PortalRenungan
Kita semua pasti setuju, tidak ada yang lebih indah dari dikabulkannya doa kita. Hidup rasanya indah dan ketika doa kita ditunda bisa dipastikan rasanya lama sekali, sekarang tidak lagi, karena ALLAH membayar tunai doa kita pada detik kita ucapkan doa itu, tidak percaya?

Kekasih kita Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk mengawali doa dengan mengucapkan alhamdulillah terlebih dahulu, dan selanjutnya menyampaikan isi doa yang diharapkan. Pertanyaannya adalah kira-kira bisa tidak ya semua doa kita awali dengan alhamdulillah atau terima kasih dulu atau bersyukur dulu? Intinya yaitu mengucapkan terima kasih bukan di akhir tapi diawal.

Sekarang mari mulai berpikir untuk menyegerakan doa kita terkabul, yaitu dengan mengambil doa itu bukan menunggunya menjadi nyata, “caranya ?” yaitu dengan mengubah kata “saya mohon” dengan kata “terima kasih atau alhamdulillah” jadi meski doa itu belum terkabulkan secara nyata kita sudah mewujudkannya menjadi nyata.

Ketika saudara bermohon “Ya ALLAH, luluskan kuliah saya” maka saudara ganti dengan “Terima kasih ya ALLAH, sudah membantu saya menyelesaikan kuliah saya dengan memuluskan riset saya hari ini” [positive kan?] ketika saudara bermohon “Ya ALLAH, kirimkan seorang arjuna/srikandi yang siap mendampingi saya dengan menerima saya apa adanya” saudara ganti dengan “Terima kasih ya ALLAH sudah memberikan saya waktu lebih lama untuk sendiri, sehingga saya bisa cerdas memilih dan tak gampang ketipu” dan ketika saudara bermohon “ya ALLAH murahkan rejeki saya agar saya bisa menjadi manajer sehingga saya dapat menjadi teladan yang baik dalam bekerja” dan gantilah dengan kata “terima kasih ya ALLAH hari ini saya masih bekerja dengan semangat dan tidak malas malasan meski saya belum jadi manajer,“ dan ketika saudara bermohon" ya ALLAH berilah saya nilai yang bagus saat penilaian nanti" maka saudara ganti" ya ALLAH terima kasih yang sudah memberikan kesempatan saya bekerja di sini, berja keras dan melakukan yang terbaik dalam pekerjaan saya.

Dan begitu seterusnya, indah kan? inilah wujud harmoni yang indah, yang akan menarik narik energy di jiwa ini untuk membuat hidup ini sederhana, simple dan percaya bahwa semua sudah diatur oleh ALLAH wahai sang maha pengatur dengan sebaik baik aturan, jadi sebenarnya semua doa kita sudah dikabulkan ALLAH, melalui prosesnya coba deh kita pikirkan lagi, doa mana yang belum dikabulkan ALLAH kalau kita sudah berterima kasih diawal. Jangan melihat hasilnya ya, tetapi lihatlah bagaimana ALLAH memproses doa kita dan ini yang harus disyukuri.

Jadi mulai sekarang jangan terpaku dan sedih merasa doa tidak dikabulkan atau tertunda, kita saja yang tidak mampu melihat bagaimana ALLAH memproses doa kita hingga terwujud nyata menjadi harmoni yang indah yang mengisi nafas kita. Dengan begini suatu hari nanti kita akan berkata “kenapa ya koq doa saya selalu dikabulkan ALLAH” subhanallah.

Sungguh ALLAH memang maha segala galanya, ketika DIA mengatur hidup kita maka DIA merajut harmoni jiwa ini, secara sederhana dan memukau. Cobalah, mulai detik ini awali setiap doa dengan alhamdulillah ya ALLAH, terima kasih ya ALLAH dan rasakan hasilnya.

No comments:

Post a Comment