Tuesday 19 May 2015

Berbagi Kebahagiaan Dengan Siapa Saja

PortalRenungan
Seandainya saja setiap orang memberi senyum kepada paling sedikit satu orang yang dijumpainya di hari ini, maka dampaknya akan luar biasa. Bayangkan, orang yang mendapat senyum pasti akan merasa bahagia. Dia lalu akan tersenyum pada orang lain yang dijumpainya. Begitu seterusnya, sehingga senyum tadi meluas kepada banyak orang. Berantai tiada ujungnya. Padahal asal mulanya hanya dari satu orang yang tersenyum.

Jika hari itu dia bahagia, maka harinya yang indah akan membuat dia menyebarkan kebahagiaan tersebut kepada orang-orang yang dia temui di hari itu.

Di pagi ini kita berharap kebahagiaan dapat menyebar ke banyak orang. Bayangkan jika kita memberi pujian yang tulus bagi minimal satu orang setiap hari. Maka pujian itu akan memberi efek berantai ketika orang yang kita puji merasa bahagia dan menularkan kebahagiaan tersebut kepada orang-orang disekitarnya. Hati-hati juga jika kita melakukan sebaliknya.

Kita juga sering marah jika ada angkutan umum, misalnya bus, mikrolet, bajaj atau angkot seenaknya menyerobot kendaraan kita. Padahal kita juga harus tahu, bahwa para sopir kendaraan umum itu harus berjuang untuk mengejar setoran. Sementara kita kan tidak mengejar setoran? Maka dari itu mulai saat ini, jika ada kendaraan umum yang menyerobot seenak udelnya, kita harus segera ingat hal tersebut. Yang penting kita harus hati-hati dan waspada.

Alangkah indahnya hidup kita jika kita dapat membuat orang lain bahagia. Alangkah menyenangkannya jika kita bisa berempati pada perasaan orang lain. Betapa bahagianya jika kita menyadari dengan tidak membuang sampah begitu saja, kita sudah meringankan beban petugas kebersihan.

Kita sering kali mengaku bangsa yang berbudaya tinggi tetapi berapa banyak di antara kita yang ketika berada di tempat-tempat publik, ketika membuka pintu, menahannya sebentar dan menoleh kebelakang untuk berjaga-jaga apakah ada orang lain di belakang kita. Kita mungkin sering melihat orang yang membuka pintu lalu melepaskannya begitu saja tanpa perduli orang di belakangnya terbentur oleh pintu tersebut. Jika kita mau, banyak hal kecil bisa kita lakukan. Hal yang tidak memberatkan kita tetapi besar artinya bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment