Monday 25 May 2015

Ketika Anak Durhaka Kepada Orang Tua

PortalRenungan
Durhaka kepada orang tua merupakan salah satu dosa besar yang akan berakibat menyebabkan kesengsaraan langsung di dunia, bahkan nanti di akhirat. Tetapi justru di jaman modern ini banyak kita lihat anak yang berani kepada orang tuanya. Berani membentak, berani memerintah, bahkan ada yang berani menuntut orang tuanya ke pengadilan. Padahal berkata “tidak” saja kepada orang tua dilarang, apalagi sampai menyakitinya.

Dulu sewaktu kecil orang tua bersusah payah membesarkan anak-anaknya, bisa dikatakan “kepala mereka jadikan kaki dan kaki mereka jadikan kepala”. Apa saja dilakukan oleh orang tua. Membanting tulang siang malam, hal ini mereka lakukan agar anak-anak mereka bisa bahagia.

Tetapi memang kita tidak bisa menduga, sang anak yang diharapkan bisa mengangkat harkat dan martabat orang tuanya justru berbalik menghancurkan orang tuanya. Hal ini bisa terjadi ketika pengaruh-pengaruh dari luar lebih dominan menguasai sang anak. Pengaruh teman, lingkungan atau pasangan hidup sang anak bisa merubah seorang anak menjadi penentang orang tuanya. Atau bisa jadi juga karena kemudahan-kemudahan hidup yang orang tua mereka berikan membuat anak menjadi manja.

Untuk itu sebagai orang tua kita harus mengasuh anak kita dengan benar. Kita juga harus menghormati orang tua kita agar kelak anak-anak kita menghormati kita sebagai orang tuanya. Pilihkanlah anak-anak kita jodoh yang taat kepada ALLAH, karena taat kepada ALLAH melahirkan taat kepada orang tua.

Tidak luput kita juga harus terus berdo’a kepada ALLAH agar anak-anak kita dilindungi dan di jaga oleh ALLAH. Semoga ALLAH jauhkan anak-anak durhaka dari perjalanan hidup kita, dan menjadikan anak-anak kita taat kepada orang tua, rosulnya dan ALLAH SWT.

No comments:

Post a Comment