Monday 11 May 2015

Dunia Adalah The Big Game (Bagian 1)

PortalRenungan
Tahukah kita bahwa dunia adalah arena seleksi untuk mencari para pemenang?. Sedikit manusia yang menyadari bahwa permainan dunia adalah permainan yang besar bahkan sangat bessar sekali ( The Big Game). Kenapa disebut permainan yang besar bahkan sangat besar sekali karena Hadiahnya tak ternilai harganya yaitu Surga atau neraka. Pemenang dalam permaian ini akan memperoleh surga dan pecundang akan memperoleh neraka. Lama permainan pun biasanya tidak sampai 100 tahun, hanya antara 60 sampai 70 tahun, bahkan ada yang kurang dari itu. Jadi jika usia kita saat ini sudah mencapai 50 tahunan, sisa waktu untuk mengikuti permainan besar ini tinggal 10 sampai 20 tahun lagi, bisa kurang bisa juga lebih.

Kita semua juga sudah paham, bahwa dalam setiap permainan apapun, setiap peserta tentu telah memproleh penjelasan terlebih dahulu tentang mekanisme dan tata cara permainan. Maka mekanisme dan tata cara "Permainan Besar" ini pun telah dijelasakan oleh para Nabi dan Rasul ALLAH SWT.

Caranya sangat sederhana tetapi berat bagi yang tidak beriman (tidak percaya). Yaitu dengan menikmati kebahagiaan dan nikmat kehidupan duniawi tetapi tetap menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Berbuat baik terhadap sesama manusia, Bertutur kata yang baik dan santun, tidak membicarakan aib dan kekurangan orang lain, selalu ingat akan "Permainan Besar" ini akan berakhir, yang menang akan menikmati hadiah kemenangannya dan yang kalah akan merasakan hadiah kekalahannya.

Nah, siapa yang menang itu?. Adalah mereka yang mengerahkan segenap kemampuannya dirinya untuk memahami tanda tanda kebesaran ALLAH SWT. Sementara yang kalah adalah yang memiliki mata tetapi tidak bisa melihat tanda tanda kebesaran ALLAH, Yang memiliki hati tetapi tidak mampu mengakuai ALLAH sebagai Tuhan. dan yang memiliki telinga tetapi tidak mampu menerima informasi tentang ayat ayat ALLAH.

Jalan untuk menuju kemenangan itu mendaki dan sukar dilewati, katanya...Padahal sekali saja kita melangkah dan berada dijalan ini, kemudian kita komitmen dan bersungguh sungguh serta melaksanakan taktik yang sudah ALLAH jelaskan kepada kita dalam Al Quran. Insya ALLAH akan terasa nikmat dan menyenangkan.

Pada waktunya permainan besar ini akan berakhir, yaitu dengan kematian. Para pemenang akan melihat ke masa depan mereka yang lebih membahagiakan. Sementara yang kalah akan melihat ke belakanng, Mereka sangat terkejut , Ternyata kenikmatan dunia yang selama ini mereka nikmati dan agung agungkan dengan bangga dan congkaknya telah sirna musnah, sementara di depannya sudah menanti kesengsaraan yang tak pernah mereka bayangkan. Na'udzubillahi min dzalik.

Seorang ulama yang sangat terkenal yaitu Iman Ibnu Taimiyah mengatakan "Di dunia ini ada surga, Siapa yang tidak menemukan surga dunia, sulit baginya untuk memperoleh surga akhirat, Surga dunia adalah surga manusia ketika bermunajat kepada ALLAH dan Menikmati ketaatan kepadanya'. "Kesuksesan pada masalah masalah duniawi hanyalah kenikmatan yang akan berakhir bersama dengan berakhirnya kehidupan, Disaat itu, disaat seseorang menghadapi ajal dan berdiri di pintu kubur, dia akan menoleh kebelakang dan hanya menemukan tipuan yang berujung pada kerugian yang tak terhingga, kehilangan yang tak terganti dan penyesalan yang tiada henti".

No comments:

Post a Comment