Monday 11 May 2015

Dunia Adalah The Big Game (Bagian 2)

PortalRenungan
Setelah kita mengetahui bahwa dunia adalah arena seleksi untuk mencari para pemenang dan dunia juga merupakan permainan yang sangat besar (Bagian 1), maka kali ini kami akan berbagi tentang teknik bermain yang ALLAH telah ajarkan dalam Al-Qur'an, mudah mudahan menjadi bahan masukan yang sangat berharga untuk kita semua, dan jika dirasa hal ini baik mari kita bersemangat untuk mengamalkannya dan menyampaikan kepada orang orang tercinta kita.

Teknik Pertama "Beriman dan berhijrah, serta berjihat di jalan ALLAH SWT"
Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. Attaubah (9):20

Iman adalah modal dasar yang sangat berharga dan tak ternilai, maka berbahagialah bagi mereka yang telah memiliki modal ini, tak ada alasan untuk bersedih bahkan berduka, karena iman yang kita miliki itu jauh lebih berharga dari dunia dan seisinya. Nah saudaraku untuk menilai harga iman ini mari kita perhatikan firman ALLAH SWT dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 91," Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong". Saudaraku....Jadi harga iman itu begitu besar yah...Subhanallah maka sekali lagi berbahagialah karena kita insya ALLAH dari golongan orang orang yang beriman.

Setelah iman kita miliki, kemudian kita rawat dengan banyak bermuhasabah, kita sirami dengan sering mendengarkan taushiyah atau membaca artikel artikel yang baik setelah itu kita pagari dengan Ilmu dan istiqomah dan kita pupuk juga dengan amal amal shalih. maka langkah selanjutnya kita harus HIJRAH, yaitu perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain, dari satu ruang ke ruang yang lain, dari Z to H [dari Zero to Hero]. Pokoknya semua yang berpindah dari hal hal yang buruk ke hal hal yang jauh lebih baik. Hijrah bukan fisik saja tapi jiwa juga harus hijrah. “hijrah jiwa” yaitu memindahkan jiwa ini dari jiwa yang lemah, rapuh, cengeng, gampang nyerah berganti menjadi jiwa yang baru, yang bersih dari luka, jiwa yang penuh dengan cinta kasih, penuh dengan harapan harapan, penuh dengan gemintang dilangit, dan jiwa yang lembut dengan demikian maka kita akan lahir menjadi manusia baru.

Setelah kita mampu hijrah maka langkah selanjutnya adalah JIHAD. Iya jihad bukan identik dengan perang mengangkat senjata kemudian menang atau mati dimedan tempur. Secara makna, jihad berarti bersungguh sungguh, artinya kalau kita ingin berhasil dalam kontes permainan dunia ini, kita perlu kesungguhan itu. Bahkan ALLAH SWT telah menjamin kemenangan bagi yang bersungguh sungguh dijalanNYA. Di dalam surat Al Ankabut ayat 69 ALLAH berfirman " Dan orang-orang yang sungguh-sungguh untuk Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami (Jalan Kemenangan ). Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

Kesimpulan dari teknik pertama ini adalah Kita harus memeliki keyakinan (Iman) akan kesuksesan kita, Kita lakukan perubahan diri (Hijrah) dari tempat buruk ke tempat baik, dari prilaku buruk ke prilaku baik dan seterusnya. Lakukanlah semuanya dengan kesungguhan yang maksimal (Jihad). Ingatlah semuanya harus berada di jalan yang telah ALLAH tunjukkan yaitu dijalan kebenaran.
Teknik kedua bersambung ke Dunia Adalah The Big Game (Bagian 3).

No comments:

Post a Comment