Sunday 31 May 2015

Manfaat Olah Raga Ringan

PortalRenungan.
Olahraga merupakan kegiatan yang sepele namun penting bagi tubuh, apabila kurang olahraga akan menimbulkan keluhan-keluhan yang mirip dengan gejala penuaan. Gejala tersebut mulai dari mudah lelah, nyeri otot, berkunang-kunang dan penyakit degeneratif lainnya seperti kolesterol dalam darah, gangguan jantung, dan gangguan pembuluh darah lainnya.


Literatur dahulu menganjurkan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit dalam satu sesi, 5 hari dalam seminggu namun demikian pendapat itu sekarang diubah.

Studi terbaru menunjukkan bahwa bahkan 15 menit dalam satu sesi dan 5 hari dalam seminggu sudah cukup untuk menambah usia harapan hidup sampai dengan 3 tahun serta mengurangi resiko terserang penyakit degeneratif sampai 4%.


Lakukan peregangan 5 menit di pagi dan sore hari dengan gerakan gerakan ringan yang melibatkan leher, lengan, pinggang, paha dan tungkai.

Dengan melakukan olahraga ringan sebelum memulai aktifitas, anda akan merangsang hormon yang membantu metabolisme selama sehari, memperbaiki “Mood” saat bekerja dan mengurangi stress.

Olahraga ringan dengan gerakan ritmik yang tetap selama 15 menit seperti berjalan cepat tanpa jedah atau berlari maraton serta diakhiri dengan peregangan selama 5 menit cukup mampu mempertahankan kebugaran kita seharian. Jika dilakukan 5 hari dalam seminggu dapat meningkatkan kebugaran dan kekuatan tubuh kita.

Islam juga tentunya sudah mengajarkan kita untuk berolahraga. Dari bangun pagi sampai pagi lagi. Di dalam gerakan sholat ada gerakan-gerakan yang hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh kita. ALLAH memerintahkan sesuatu pasti bermanfaat bagi hamba-hambaNYA.

No comments:

Post a Comment