Tuesday 28 April 2015

Semakin Tinggi Nilai Sesuatu Semakin Mahal Pula Harganya

PortalRenungan
Dari semua nikmat yang ALLAH titipkan kepada kita tentu nikmat nafas adalah nikmat yang besar. Ya, bernapas bukan hanya memasukkan oksigen melalui rongga hidung atau mengisi paru-paru dengan oksigen, namun bernafas adalah menunjukkan kehadiran ALLAH dalam setiap hembusan yang kita keluarkan. Jika bukan karena ALLAH maka kita tidak akan bernafas, dan tanpa nafas yang terhembus maka kita hanya seonggok daging yang akan mengembung ketika oksigen masuk.

Kita telah melewati detik, menit, jam, hari, pekan, bulan dan tahun yang cukup panjang dan melelahkan. Semua sudah berlalu menjadi saksi atas perjalan kita... Berapa banyak amal yang sudah kita lakukan selama itu?, mari kita mereka-reka jawabannya. Iya ternyata baru itulah, kesungguhan yang kita lakukan untuk menyongsong sebuah kehidupan yang pasti dan abadi. Ternyata hanya sebanyak itu bekal yang kita kumpulkan untuk menebus kebahagian akhirat. Sudah cukup? Pasti tidak. Sementara kita sama-sama tidak tahu, berapa detik, menit, jam, hari, pekan, bulan dan tahun lagi yang masih tersisa dihadapan.

Sekarang kita berada disini, di detik, di menit, di jam, di hari, di pekan, di minggu, dan di tahun ini. Marilah kita berdo'a, semoga keadaan kita lebih baik dari yang lalu.Marilah kita bersungguh-sungguh, karena hanya disini kesempatan kita untuk mengukir amal atau karya terbaik kita. " Dunia ini hanya tiga hari saudaraku," begitulah nasihat Imam Hasan Al Bashri. Tiga hari itu adalah hari kemarin yang sudah berlalu, dan kita tidak bisa lagi untuk mengubahnya. Hari esok, yang kita tidak tahu apakah kita akan masih memiliki kesempatan didalamnya. Dan hari ini, kesempatan untuk melakukan amal shalih atau karya terbaik kita. Maka marilah kita beramal atau berkarya sebanyak-banyaknya tentunya dengan amal dan karya terbaik kita. Insya ALLAH.

Ya, semua kita pasti sangat mendambakan rahmat ALLAH untuk bisa dimasukkan ke dalam surga. Karena itulah kemenangan, kebahagiaan dan kenikmatan yang tiada tandingannya. Kenikmatan yang membuat kita tak akan puas hanya sekedar berada didepan gerbangnya. Kenikmatan yang menjadikan kita tak berhenti hanya sekedar masuk beberapa langkah dihalamannya. Kenikmatan agung yang membuat siapapun tak akan pernah berhenti kecuali sampai kepuncaknya yang paling tinggi, surga Firdaus.

Mari merenung, setiap sesuatu itu ada harganya bukan?. Semakin tinggi nilai sesuatu semakin mahal pula harganya. Tentunya bila ingin mencapai surga tertinggi diakhirat maka seseorang harus berada pasisi tertinggi didunia. Pertanyaannya bagaimana kita bisa mencapai kedudukan tertinggi di dunia ? Mari kita sama sama kembali lihat lembar lembar firman ALLAH SWT dalam Al Qur'an. Mari kita bersama perhatikan petunjuk Rasulullah SAW dan ungkapan para salafusshalih. Kemudian kita praktekan dalam kehidupan keseharian kita. Terutama lagi disaat kita memasuki bulan yang agung, bulan Ramadhan yang sangat kita nantikan kedatangannya.

Ya, sebagai ajakan saja untuk diri ini dan saudaraku semua. Apakah saudara sudah buat Proposal? Iya proposal yang kita sodorkan kepada ALLAH di malam pertama memasuki bulan Ramadhan, Proposal itu isinya berupa planning amal yang akan kita lakukan dibulan Ramadhan, semisal, saya akan menghatamkan Al Quran sebanyak 3X, atau saya akan berinfak 50Rb minimal /1 hr, atau saya akan selalu membari berbuka orang yang berpuasa 2 Org sehari dan sebagainya dan sebagainya. Proposal ini kita ajukan ke ALLAH bukan untuk minta UANG atau DANA, tapi untuk momohon kekuatan darinya, rahmatnya dan kasih sayangNYA....Yuuk kita sama-sama buat dan lakukan...!

Saudaraku, marilah kita berdo'a:
" Yaa ALLAH yaa Rab. Ketika Engkau menebar keselamatan, ketentraman dan barokah di Sya'ban ini, maka dahulukanlah saudaraku ini.
" Yaa ALLAH yaa Rahman Yaa Rahim. Jadikanlah saudaraku ini dalam golongan orang yang selalu menerima rahmat dan kasih sayangMu.
" Yaa ALLAH yaa Razaq yaa Basith. Luaskanlah rizki yang berkah untuk saudaraku ini dan jauhkan darinya kefakiran.
" Yaa ALLAH yaa Barrii. Mudahkanlah segara urusan kehidupan saudaraku ini, sembuhkanlah segala penyakit dalam jasad dan ruhaninya.
" Yaa ALLAH yaa Ghaffar. Ampunilah dosa dosa saudaraku ini.
" Yaa ALLAH yaa Aliyyu yaa Kabir. Jadikanlah saudaraku ini manusia yang amanah, yang akan menemani hamba hambaMu di surgaMu.
Aamiin Yaa Robbal 'aalamiin.

No comments:

Post a Comment