Wednesday 17 June 2015

Kesehatan Bagi Ibu Hamil

PortalRenungan.
Kehamilan adalah masa dimana terdapat janin didalam rahim seorang perempuan. Masa kehamilan didahului oleh terjadinya pembuahan yaitu : bertemunya sel sperma laki laki dengan sel telur yang dihasilkan oleh indung telur.


Perubahan tubuh ibu selama kehamilan antara lain sebagai berikut:
-Perubahan pada payudara
-Peningkatan berat badan
-Keram perut
-Sering buang air kecil
-Sembelit
-Ngidam
-Mual muntah

Keluhan umum saat hamil dan cara mengatasi keputihan, nyeri pinggang, keram kaki, wasir dll
-Keputihan : selama kehamilan keputihan akan bertambah dan tidak berwarna, jika tidak rasa gatal dan tidak tercium bau yg kurang sedap dianggap normal.
-Nyeri pinggang :
-Olah raga dengan senam hamil atau berjalan kaki sekitar 1 jam sehari.
-Istirahat berbaring miring ke kiri.
-Jangan berdiri terus menerus dalam waktu yang lama.
-Keram kaki : meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan magnesium seperti aneka sayuran berdaun serta susu.
-Wasir : Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah buahan dan sayuran. Minum paling sedikit 2 liter sehari. Lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki. Hindari mengejan jika BAB.

Yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan:
Pemeriksaan kesehatan ibu hamil ke petugas kesehatan, poskesdes, puskesmas atau fasilitas kesehatan yang lain berguna untuk memantau kesehatan ibu dan pertumbuhan janin sesuai dengan umur kehamilan.

Petugas kesehatan dapat mengetahui secara dini kelainan kelainan yang terjadi pada ibu dan janin seperti anemia beresiko terjadi bayi berat lahir rendah(BBLR), tekanan darah tinggi beresiko kematian janin.

Pemeriksaan ibu hamil paling sedikit 4 kali selama kehamilan yaitu 1 kali pada umur 0-3 bulan, 1 kali lagipada 4-6 bulan dan 2 kali pada 7-9 bulan.

Ibu hamil perlu mendapat makanan dengan kandungan gizi yang cukup agar pertumbuhan bayi menjadi sempurna dan ibu hamiltetap sehat selama hamil dan siap menghadapi persalinan

Pemberian makanan dengan kandungan gizi yang cukup segera pada trimester pertama agar berat badan ibu tidak turun, penambahan berat badan selama kehamilan berkisar antara 9-12 kg

Ibu hamil perlu mendapat tambahan tablet besi satu butir perhari, paling sedikit 90 tablet selama hamil agar ibu tidak menderita kurang darah selama kehamilan dan menyusui

Ibu hamil perlu jalan jalan pagi selama satu jam setiap hari untuk menjaga kebugaran, penting untuk kelancaran persalinan

Pemberian makanan dengan asupan gizi yang cukup segera pada trimester pertama agar bert badan ibu tidak turun, penambahan berat badan selama kehamilan berkisar antara 9-12 kg

Pada sebagian ibu hamil, kadang kadang timbul garis garis putih karena peregangan kulit dan payudara memesar dengan cepat, warna lebih gelap pada puting dan sekitarnya

Memijat payudara ibu hamil muda tidak boleh dilakukan, karena dapat merangsang kelenjar diotak kecil yang memproduksi hormon yang dapat mempengaruhi kontraksi rahim, yang berbahayakarena dapat terjadi keguguran.

Gerakan janin mulai dirasakan pada kehamilan akhir bulan keempat. Gerakan janin normal sebanyak 10 kali dalam 12 jam bergerak, harus segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan di poskesdes, puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Perilaku buruk ibu hamil yang menyebabkan bayi lahir prematur karena istirahat yang tidak cukup, bekerja terlalu keras, megkonsumsi alkohol, jamu jamu, minum obat secara sembarangan, merokok dan asupan gizi tidak cukup.

Perilaku ibu hamil yang sehat adalah istirahat cukup, memeriksakan kehamilan secara teratur, mendapat asupan gizi seimbang yang cukup, minum vitamin secara teratur, kalau sakit berobat ke petugas kesehatan.

pasang iklan

No comments:

Post a Comment