Wednesday 3 June 2015

Jadikan Hari Esok Lebih Indah Dan Lebih Baik

PortalRenungan.
Melanjutkan tulisan sebelumnya, kita masih membicarakan kebiasaan-kebiasaan dari ALLAH dan mungkin diantara kita sudah banyak yang mempraktekan 3 kebiasan dari 7 kebiasaan yang sedang kita bahas ini. Kita telah memulai langkah kita dengan mengucap bismillahirrahamanirrahim. Disaat selesai melakukan sesuatu kita ucapkan alhamdulillah. Kemudin kita barengi dengan kebiasaan gemar berbagi dan berkontribusi, Insya ALLAH langkah ini akan semakin jelas menuju kepada kesuksesan yang hakiki.

Mari kita buka kembali Al Quran surah Al Fatihah ayat yang ke-4. Kita akan menemukan bunyi ayat, "Maliki yau middin " Yang menguasai hari pembalasan ". Pada ayat ini ada gambaran tersurat dan tersirat bahwa ALLAH sang penguasa hari pembalasan dan semua yang kita kerjakan akan ada balasannya. Pembuat kebajikan akan menerima kebajikannnya dan pembuat kejahatan akan menerima dari hasil kejahatannya. Jika kita meyakini kemulyaan, kesuksesan atau keberhasilan kita di hari ini adalah buah usaha kita di masa-masa sebelumnya, maka "Maliki yau middin " adalah sebuah illustrasi dari yang maha dahsyat bahwa akan adanya hari esok, akan ada hari akhir dan akan ada hari pembalasan, yang semuanya bergantung dengan apa yang sudah kita kerjakan di sini, di dunia ini.

Subhanallah, ALLAH telah mengajari kita melalui ayat ini satu keiasaan lagi, yaitu Always have mision and vision at the any activity that we are doing. Selalu memili visi dan misi dalam setiap aktivitas kita. Ingatlah, Misi kita adalah rahmatan lil 'alamin, selalu memberi rahmat atau manfaat dalam setiap aktivitas kita, terhindar dari hal yang sia-sia apalagi negative karena jika itu terjadi hanya akan mengurangi nilai diri ini. Kita harus berpikir bahawa apapun yang kita kerjakan bermanfaat dan tentunya benilai baik untuk sekarang, esok, bahkan untuk hari akhir kita. Tentunya kita ingat, Sekecil apapun aktivitas kita pasti akan ada balasannya dari sang maha kuasa, ALLAH SWT. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. QS Al Zalzalah (99) ayat 7-8

Di dalam ayat lain, yaitu QS Al Hasr (59) ayat ke-18, Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. ALLAH selalu tahu apa yang kita kerjakan dan tentunya tahu pula balasan apa yang akan diberikan kepada hamba-hambanya.

Maliki yau middin mengingatkan kita akan hari esok. Seolah ALLAH mengajari kita agar kita selalu punya perncanaan atau planning. Perencanaan itu bisa berbentuk Daily Plan, Monthly Plan atau Yearly Plan, bahkan lebih dari itu Akhirat Plan yang harus benar-benar kita usahakan dan kita upayakan. Jika yang kita terima di esok hari adalah buah dari usaha kita saat ini, kenapa kita tidak membuat perencaan terindah dan terbaik untuk akhirat kita agar kita bisa bersama-sama berada di surga ALLAH, bersama sahabat kantor kita, orang terdekat kita, orang-orang yang kita cintai dan seluruh orang-orang yang sedang melangkah ke arah sana.

Maliki yau middin, indah sekali. ALLAH mengajari kita tentang kehidupan ini dan mengabarkan adanya hari esok yaitu hari pembalasan. Mulai saat ini, mari biasakan kita berada dalam misi dan visi yang akan menjadikan hari esok kita lebih indah, lebih baik dan menggapai kesuksesan duni adan Akhirat.

No comments:

Post a Comment