Sunday 28 June 2015

Keagungan Bulan Ramadhan

PortalRenungan.
Alhamdulillah kita masih di berikan kekuatan iman oleh ALLAH SWT sehingga kita masih bisa melaksanakan ibadah puasa sampai hari ini. Mudah-mudahan kita mampu mengisi bulan Ramadhan ini dengan ibadah-ibadah kepada ALLAH SWT. Dan mudah-mudahan ALLAH menerima puasa dan ibadah-ibadah kita. Amin.


Biasanya setiap manusia melakukan suatu amalan adalah karena adanya suatu yang hendak dituju atau yang ingin dicita-citakannya. Di samping mengetahui tujuan akhir dari suatu amalan, ada hal yang penting juga untuk diketahui, yaitu mengetahui manfaat yang diperoleh dari suatu amalan atau hikmah dari amal perbuatan tersebut. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika setiap muslim mengetahui hal tersebut.

Berdasarkan dari pemberitaan Rasulullah saw., kita dapat mengetahui manfaat atau hikmah dari suatu amalan atau amal saleh. Pemberitaan semacam itu merupakan salah satu pendorong bagi umatnya untuk giat melakukan amal saleh. Rasulullah saw. memang sering memacu sahabat untuk mengerjakan suatu amalan tertentu dengan iming-iming pahala dan keutamaan amalan tersebut.

Berikut adalah keagungan bulan yang penuh berkah itu, yaitu Bulan Ramadan.

1. Puasa di sisi Allah memiliki ganjaran yang sangat besar, hingga malaikat pencatat pun tidak mampu memperkirakannya. Hanya Allahlah yang mengetahuinya. Dalam sebuah hadis qudsi, Allah SWT berfirman (yang artinya), <"Setiap amal anak Adam adalah untuk dirinya sendiri selain shaum (puasa), maka sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberinya pahala. Puasa adalah benteng, maka jika seseorang berpuasa, janganlah ia berkata kotor, dan jangan berkata keji, jika ada seseorang ada yang mencercanya atau mengajaknya berkelahi, hendaklah ia berkata, 'Seseungguhnya aku ini orang yang berpuasa.' Demi Rab yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari pada bau kasturi. Orang yang berpuasa itu memiliki dua kegembiraan: bila ia berbuka bergembira karena berbukanya dan ketika ia berjumpa dengan Tuhannya dia bergembira karena puasanya'." (HR Bukhari dan Muslim).

2. Barang siapa berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan neraka darinya sejauh 70 musim gugur, lalu bagaimana dengan orang yang berpuasa sebulan penuh? Dalam sebuah hadis disebutkan, "Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya karena puasa itu dari neraka sejauh 70 musim gugur." (HR Bukhari Muslim). 

3. Puasa itu memberikan syafaat pertolongan pada hari kiamat, sehingga dia masuk surga. Rasulullah saw. bersabda, "Puasa dan Alquran, keduanya akan memberi syafaat bagi seseorang di hari kiamat. Puasa berkata, 'Wahai Rabi, aku telah menghalanginya dari makan dan minum, maka biarkan aku memberi syafaat baginya.' Dan, Alquran pun berkata, 'Aku telah menghalanginya dari tidur pada malam hari, maka biarkan aku memberi syafaat baginya.' Beliau bersabda, 'Maka keduanya memberi syafaat'." (HR Ahmad). 

4. Barang siapa yang ditutup usianya dengan puasa sehari karena mencari rida Allah, niscaya ia akan masuk surga. 

5. Di surga ada sebuah pintu yang disebut Ar-Rayyan, tidak ada yang memasukinya melainkan orang yang berpuasa. Rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut Ar-Rayyan, yang dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat, tidak ada seorang pun yang memasuki selain mereka, dan setelah mereka masuk, pintu tersebut dikunci sehingga tidak seorang pun memasukinya." (HR Bukhari dan Muslim). 

6. Puasa Ramadan mengampuni seluruh dosa-dosa yang telah lampau, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, "Barang siapa yang bangun untuk untuk salat pada malam lailatul qadar karena iman dan penuh pengharapan, maka diampunilah dosanya yang telah lampau. Dan, barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadan karena iman dan penuh pengharapan, maka dosanya yang telah lampau akan diampuni." (HR Bukhari dan Muslim). 

7. Pada bulan Ramadan dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu- pintu neraka, semua setan dibelenggu. 

8. Pada bulan Ramadan terdapat lailatul qadar, satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. 

9. Orang yang berpuasa pada bulan Ramadan akan dikabulkan doanya dan dibebaskan dari neraka. 

Sumber: Al-Islam, Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia sebagaimana diadaptasi dari Diary Ramadhan, Kelompok Telaah Kitab Ar- Risalah

No comments:

Post a Comment