Tuesday 2 June 2015

Dengan Bersyukur Selalu Pada Kondisi Terbaik

PortalRenungan.
Untuk meraih kemenangan di dunia dan di akhirat sesuai surah Al-Fatihah yang pertama yaitu membiasakan memulai langkah kita dengan selalu meyertakan ALLAH dalam setiap aktivitas kita. Bismillahirrahamanirrahim, sebagai sebuah langkah awal dengan keyakinan bahwa ALLAH akan selalu menyertai kita saat namanya disebut di awal langkah kita.

Kemudian kebiasaan Kedua, yaitu Good Mind Condition.
Mari kita buka surat Al Fatihah ayat ke-2, Kita akan menemukan ayat ayang berbunyi, Alhamdulillahi robbil alamin, yang secara terjemah harfiyah adalah "Segala puji bagi ALLAH tuhan seluruh alam". Pada ayat ini ALLAH SWT mengajari kita untuk senantiasa berada pada kondisi diri kita mengakui bahwa yang maha terpuji dengan segala kemaha kuasaan dan kesempurnaan hanya ALLAH sang pengatur seluruh alam. Jiwa yang selalu beryukur adalah kondisi dimana sesorang berada dalam ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan. Saya sering menyebutnya kondisi seperti ini dengan istilah Good Mind Condition.

Jika kita mampu mengawal jiwa ini dalam keadaan baik, kejadian apapun yang menimpa kita, tidak akan pernah membuat kita terbebani apalagi menjadikan kita sengsara. Akan muncul sikap husnuzhon ( Positive Thinking) atau dalam bahasa kitanya berati berbaik sangka. Disaat orang lain mengatakan gagal misalnya, dia katakan ini bukan gagal tetapi keberhasilan yang tertunda, disaat cintanya ditolak misalnya, dia katakan bukan ditolak tetapi semuanya perlu proses, atau disaat belum juga dapat pasangan. dia katakan ALLAH masih memberi waktu untuk mendapatkan yang terbaik. Jadi selalu ber-positive thinking.

Kita harus membiasakan diri ini berada dalam good mind condition. Ini akan menjadi modal bahkan aset dalam menggapai kesuksesan dunia akhirat. Kebiasaaan ini akan melahirkan jiwa yang selalu beryukur dan kita semua sangat paham bahwa jika kita bersyukur maka ALLAH akan menambahkannya. "Lain syakartum la azidannakum" atau dalam makna lain kita bisa mengartikannya, kebahagiaan yang satu akan mengundang kebahagiaan yang lain, atau kesuksesan yang satu akan mengundang kesuksesan yang lain. The good mind condition will invite the others success. Ingatlah, puncak kondisi tertinggi seseorang hamba ketika ia mampu berterima kasih atau bersyukur kepada ALLAH SWT.

Semua yang saya tulis itu tidak akan terwujud jika sebatas tatanan pembicaraan, kita harus berusaha untuk mewujudkannya dalam tatanan aplikasi nyata dikehidupan. Sering kali yang menjadi masalah dalam hidup ini, bukanlah pada masalah itu sendiri, tetapi ada pada cara kita melihat masalah tersebut. Bisa jadi masalahnya tidak berubah, tetapi pada saat cara pandang kita berubah, jiwa kita pada kondisi yang baik, ternyata sering kali masalah itu menjadi bukan masalah. Seekor burung yang terbang tidak bisa mengubah arah mata angin tetapi ia bisa mengubah arah sayapnya agar tetap bisa sampai ke tujuan. "ALLAH tidak akan merubah suatu kaum sehingga mereka mau merubah diri mereka sendiri" QS Ar Ra'du ayat 11, dan yakinlah ALLAH tidak akan memberikan ujian melapaui kesanggupan hambaNYA, karena ALLAH menginginkan kebaikan untuk hamba-hambaNYA.

Mari kita biasakan diri ini selalu pada kondisi yang baik "good mind condition" . Bersukurlah dengan sering mengucapkan Alhamdulillah disaat kita selesai melakukan sesuatu. Selesai bekerja misalnya, selesai makan, selesai minum atau selesai melakukan aktivitas apapun namanya. Semua terjadi karena ALLAH.

No comments:

Post a Comment