Tuesday 2 June 2015

Gemar Berbagi Dan Berkontribusi Kepada Sesama

PortalRenungan.
Kita masih membicarakan kebiasaan-kebiasaan dari ALLAH dan mungkin diantara kita sudah banyak yang mempraktekan dua kebiasan dari tujuh kebiasaan yang sedang kita bahas ini. Kita telah memulai langkah kita dengan selalu meyertakan ALLAH dalam setiap aktivitas kita dengan mengucap bismillahirrahamanirrahim, di awal langkah kita. Setelah itu kita lanjutkan dengan good mind condition, dimana kita menyadari semua karena ALLAH yang mengaturnya, dan disaat selesai melakukan sesuatu kita ucapkan alhamdulillah.

Mari kita buka kembali surah Al Fatihah ayat yang ke-3, kita akan menemukan ayat yang berbunyi, " Arrahma nirrohim " yang secara bahasa adalah Yang maha pengasih Yang maha penyayang. Saya ingin katakanan bahwa inilah kunci keberhasilan seseorang, dimana ia mampu memberi atau berbagi, baik pemberian secara konkrit dan juga pemberian secara abstrak. Arrahman di maknai ALLAH SWT memberi kasih nya kepada seluruh mahluk baik beriman, kafir, sholih, maksiat dll dan ini berlaku di dunia. Sedangkan Arrahim adalah ALLAH SWT menberi kasih khusus untuk orang-orang tertentu yang dia sayangi dan ini berlaku untuk dunia dan Akhirat. Arrahman adalah konkrit dan Arrahim adalah abstrak.

Biasakanlah diri ini agar selalu bisa memberi, atau bisa berkontribusi. Ingatlah nilai kita yang sesungguhnya adalah yang sudah kita berikan bukan yang kita terima. Khairunnas an fa'uhum lin nas, sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. ALLAH SWT juga menegaskan bahwa DIA akan menolong hambanya selama hambanya masih mau menolong saudaranya. Semua pemberian yang sudah kita lakukan, pertolongan, perhatian dan yang lainnya, akan ALLAH kembalikan bukan dengan nilai yang sama, tetapi dengan nilai yang lebih baik bahkan berkali-kali lipat nilainya. Subhanallah.

Memberi, bukan saja dengan materi, kita bisa melakukannya selama ada niat dan keinginan untuk itu. Tidak ada harta bisa dengan senyuman, tidak ada kata bisa dengan tulisan. Jika bertatap muka, menyapa dengan ramah dan cara terindah. Ingatlah siapa yang menanam pastilah dia akan memetiknya. Hidup ini adalah sebab akibat, tanpa ada sebab tidak akan ada akibatnya, yang harus kita lakukan bukan Take and Give tapi Give and Take, berikan maka kita akan mendapatkan, karena satu biji yang kita tanam pasti ALLAH akan berikan 700 biji atau lebih, karena ALLAH mencintai mereka dan mereka mencintai ALLAH.

Ketika kita tidak memiliki apa-apa yang bisa kita sedekahkan atau kita berikan untuk membangun jalan sukses kita dihari ini, senyum adalah salah satu cara mendapatkannya. Hal sederhana namun dapat membuahkan jalan jalan kebaikan dan kesuksesan. Rasulullah SAW senantiasa berwajah ceria, beliau pernah besabda Janganlah terlalu membebani jiwamu dengan segala kesungguhan hati. Hiburlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu sebab bila hati terus dipaksakan memikul beban-beban yg berat ia akan menjadi buta.

Untuk itu mari kita membiasakan untuk gemar berbagi dan berkontribusi, Giving and Contribute, untuk manambah nilai diri. Ingatlah nilai kita bukan terletak dari yang sudah kita dapatkan tetapi terletak pada apa yang sudah kita berikan.

No comments:

Post a Comment