Friday 9 December 2016

Memberi untuk Berbagi

PortalRenungan.



Jangan berpikir dalam memberi karena sesungguhnya yang kita berikan itulah harta yang sejati, sebab harta bukan yang bisa kita kumpulkan, tapi apa yang bisa memberikan untuk kebaikan.

Banyaknya harta bukan penentu kebaikan, tapi keberkahan pada harta itulah kebaikan, karena barakah artinya bertambahnya kebaikan, itulah harta yang hakiki.

(QS Al Baqarah : 274)
Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

(QS.Al Baqarah:276)
Allah memusnahkan RIBA & menyuburkan SEDEKAH. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, & selalu berbuat dosa.

(QS Al Baqarah :280 )
Dan jika (orang berutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

“Barangsiapa meringankan sebuah kesusahan (kesedihan) seorang mukmin di dunia, Allah akan meringankan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan urusan seseorang yang dalam keadaan sulit, Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup ‘aib seseorang, Allah pun akan menutupi ‘aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699) 

Keutamaan seseorang yang memberi utang terdapat dalam hadits yang mulia yaitu pada sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam: Barangsiapa memudahkan urusan seseorang yang dalam keadaan sulit, Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat. 

(QS.An Nisaa':8)
Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, ANAK YATIM & ORANG MISKIN, maka BERILAH MEREKA DARI HARTA ITU harta itu (sekedarnya) & ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.

(QS An Nisaa' :39 )
Apakah kemudaratannya bagi mereka, kalau mereka beriman kepada Allah dan hari kemudian dan menafkahkan sebahagian rezeki yang telah diberikan Allah kepada mereka? Dan adalah Allah Maha Mengetahui keadaan mereka.

(QS An Nisaa' 114)
Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.

Ingin mendapatkan
atau langsung isi form berikut

No comments:

Post a Comment