Wednesday 19 April 2017

Setiap Aktivitas Kebaikan Mulailah Dengan Ucapan Bismillah Agar Menjadi Berkah

PortalRenungan.
Bismillahirrahman. Sobat PR mulailaih segala sesuatu yang baik dengan ucapan Bismillah, mudah-mudahan Allah memberkahi apa yang kita lakulan.



"Diceritakan; Ada seorang wanita yang memiliki suami yang munafiq. Dan adalah si wanita ini selalu memulai aktivitas nya dengan ucapan لبسم الله. Maka berkatalah (didalam hatinya) suaminya yang munafiq; 'Saya akan melakukan perbuatan yang akan membuat istri saya menjadi malu.' Maka si suami itu menyerahkan sebuah kantong kepada istrinya, dan dia berkata; 'Simpanlah kantong ini.' Maka wanita itu menyimpan kantung itu di sebuah tempat dan menutupinya. Maka si suami membuat lupa istrinya akan kantong tersebut dan dia mengambil kantong itu (tanpa sepengetahuan istrinya) dan membuangnya kedalam sumur yang ada didalam rumahnya. Kemudian dia meminta kantong itu kepada istrinya. Maka wanita itu (tanpa curiga) mendatangi tempat penyimpanan kantong itu untuk mengambilnya. dan dia mengucapkan:
لبسم الله الرحمن الرحيم
Maka Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk segera turun (untuk mengambil kantong itu didalam sumur) dan mengembalikannya ketempatnya semula. Maka wanita itu menjulurkan tangannya untuk mengambil kantong tersebut, maka dia mendapatkan kantong itu sebagaimana dulu dia simpan. Maka dia mengambil kantong itu dan memberikannya kepada suaminya. Maka suaminya terheran-heran dengan kejadian itu dan akhirnya dia bertaubat kepada Allah dari perbuatan munafiqnya." (Dikutip dari kitab: 'Uqudul Lujain, karya syeikh Nawawie Al-Bantani. hal. 2).

Melalui sabdanya, Rosulullah telah mengingatkan kepada kita semua :

"Setiap aktivitas yang memiliki kebaikan yang tidak dimulai dengan ucapan
لبسم الله الرحمن الرحيم
maka aktivitas itu terputus buntutnya (kurang ke berkahannya) (HR. Abu Daud dari Abi Hurairoh)
Dan dalam sebuah riwayat di katakan :
"Siapa orang yang mengharapkan untuk hidup bahagia dan mati syahid maka sebaiknya dia membaca ; لبسم الله ketika melakukan tiap-tiap sesuatu (yang baik)." (Dikutip dari kitab I'anatut Tholibin. Juz.I. hal. 4)

Mari Kita Mulai Setiap Aktivitas Kebaikan Dengan Ucapan :
لبسم الله الرحمن الرحيم
Agar Memperoleh Limpahan Keberkahan Di Dunia Dan Akhirat. Amiiin

Semoga bermanfa'at! 
Oleh: A.Hasanuddin HR.

No comments:

Post a Comment