Saturday 29 April 2017

Amalan Apakah Yang Disunnahkan Di Bulan Sya'ban?

PortalRenungan.
Alhamdulillah sekarang kita sudah masuk bulan Sya'ban 1438 H. Artinya satu bulan lagi menjelang Ramadhan, maka kita dianjurkan memperbanyak amalan sunnah di bulan Sya'ban diantaranya berpuasa sunnah.

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

“Belum pernah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari pada puasa bulan Sya’ban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh.” (Muttafaqun'alahi).


Dimana diantara hikmahnya sebagaimana disebutkan oleh nabi shalallahu'alaihi wassalam;

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa.” (HR. An Nasa’i, Ahmad, dan sanadnya dihasankan Syaikh Al Albani)

Semoga Allah memberikan taufiq untuk beramal di bulan ini hingga sampai pada bulan ramadhan. 

اللهم بارك لنا في شعبان و بلغنا رمضانرمضان

Ya Allah berkahilah kami di bulan Sya'ban ini dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan. Amin.

No comments:

Post a Comment