Thursday 23 April 2020

Menghadapi Masa Sulit

Menghadapi Masa Sulit

Diakui banyak orang mengalami depresi, stress atau setidaknya menjalani beban berat saat masa-masa sulit itu ada. Mereka bukan karena tidak beriman atau lepas agamanya. Tetapi karena kondisi yang harus dihadapi. Boleh jadi itu bukan karena ulahnya tapi harus mengalaminya.

Kisah Nabi Ayub dalam keadaan sakit yang semakin parah, belum ketemu obatnya, dijauhkan dari umatnya, bahkan ditinggal istrinya dannkekuarganya bertahun merasa derita. Ayub teguh dalam keyakinannya, tetap syukur atas nikmat-Nya. Ya'qub begitu merasa sedih banget melepas Yusuf hingga mata membuta. Masa-masa sulit Ibunda Musa mwnghadapi kebijaka pemerintah Fi'aun sesaat setelah melahirkan Musa, hingga harus mengambil keputusan menghayutkan Musa ke sungai.

Maryam yang dikaruniai anak Isa merasakan kesedihan yang memberat saat dalam perjalanannya mengandung, dihujani cacian dan hinaan bertubi-tubi dari orang-orang yang menggapnya telah melakukan kehinaan hingga akhirnya memutuskan mengasingkan diri. Apalagi kisah Nabi Muhammad SAW, yang penuh luka, derita, diboikot, pengorbanan, perang, dihina dikejar untuk dibunuh, meskipun begitu kita tidak pernah mendengar beliau mengeluh.  Sebegitu menderitanya Nabi dan oara sahabat hingga mereka sangat berharao pertolongan Allah tergambar jelas dalam firman-Nya;

Mereka menderita oleh kesengsaraan dan kesulitan dan mereka begitu tersentak sehingga Rasul dan orang-orang beriman bersamanya berseru: “Bilakah akan pertolongan Allah?” 
(Q.S. Al Baqarah 2: 214)

Lalu kebodohan kita dengan culas bergumam "itukan Nabi". Selesailah episode akal sehat kita, buntu menghadapi situasi semakin sulit. Ayo kita melakukan resolusi mental yang benar sebagai orang yang hidup beriman. 

Pertama, yakinilah Allah memberikan kesulitan untuk menjadikan kita lebih kuat. Ingat setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Musibah dihadirkan mengingatkan kita semua agar kembali ke jalan yang benar. Meski kita tengah kepayahan, seperti berada dalam fese terendah dalam hidup kita, tidak semestinya kita berhenti dan menyesali diri, justru kita harus menjadi lebih kuat, lebih optimis, dan tidak berhenti berusaha membantu orang lain yang lebih membutuhkan dari apa yang kita punya. Jadi beralihlah ke Allah dan meminta bantuan dan dukungan-Nya merupakan tindakan yang sangat penting yang harus kita lakukan selama masa sulit.

Kedua, mari bermuhasabah diri. Sadar ataa kesalahan diri, istighfar dan bertaubatlah. Masa-masa sulit yang kita alamai ini mungkin merupakan peringatan dari Allah bahwa kita melakukan sesuatu yang salah. Mungkin karena dosa dan kesalahan kita:  "Apapun kemalangan menimpa Anda adalah konsekuensi dari perbuatan Anda sendiri …"
(Q.S. Ash-Shura 42: 30).

Pandaikan diri untuk mengambil pelajaran penting dari kesalahan yang pernah kita lakukan, untuk kemudian dijadikan langkah yang lebih baik untuk masa depan. Seperti yang dilakukan oleh Malek Ibn Deenar, salah satu ulama besar Islam, berubah dari seorang pecandu alkohol menjadi orang hebat yang pernah kita kenal karena kematian putrinya yang berusia dua tahun.

Ketiga, kuatkan detak oprimis dalam hati, pikiran dan langkah kita. Apa yang dilakukan Nabi saat menghadapi kesulitan? Imam Bukhari meriwayatkan; “Demi Allah, Allah akan menyempurnakan hal ini sampai pengembara dapat melakukan perjalanan dari Sana’a ke Hadhramaut tidak takut kepada siapapun kecuali Allah dan serigala yang bisa memakan dombanya”, Nabi mengatakan kepada Khabbab saat dia mengeluh kepadanya tentang betapa parahnya  penyiksaan yang dia dan orang-orang Muslim lainnya di Makkah dapatkan. (Al-Bukhari)

Pengharapan besar selalu disandarkan Nabi kepada Allah, dan keyakinan bahwa akan ada kemudahan setelah mengalami kesulitan, yang membuat mereka terus berjalan. Dan terus bergerak.

Keempat, membangun lebih kuat lagi spritiualitas sabar dan sholat. Mungkin selama ini kehidupan kita kurang sabar dalam menjalaninya. Sabarlah dalam menghadapi setiap masa-masa sulit. Mungkjn juga sholat kita belum benar seperti yang Allah inginkan. Maka jadikan pula sholat sebagai penolong hidupmu.

Allah SWT berfirman:  “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu '. ”
(QS Al-Baqarah: 45)

Karena sholat sebagai media yang sngat efektif untuk mencurhatkan dirinya kepa Allah swt. 
Seperti dituturkan Hudzaifah al-Yamani : "Adalah Rasulullah saw. jika mengalami sebuah perkara yang dirasakan menyulitkan, maka bersegeralah ia menjalankan shalat."
(HR. Ahmad dan Abu Dawud) .

Kelima, ringankan beban orang lain. Salah satu tindakan taktis dan mujarab adalah bersedekah. Bersedekah seawal mungkin, sebelum kita memulai urusan tersebut. 

karena melalui sedekah ikhlas karwna Allah, Allah akan segera menuntaskan segala urusan, menundukkan segala bala ', memudahkan segala yang sulit, mengurai semua kerumitan, menghasilkan segala sesuatu dan menciptakan semua harapan.

“Orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa dan membenarkan keberadaan pahala yang terbaik (syurga). Maka Kami kelak akan siapkan jalan yang mudah. ​​”
(QS Al-Lail: 5-7) .

Mari kita berjuang bersama menghadapi masa-masa sulit, untuk saling membantu, bersatu padu bergadengtangan dan kumandangkan do'a disetiap saat kepada-Nya.

Keenam, jangan tinggalkan tilawatul quran. Rajin dan tidak meninggalkan baa Al qur'an sebagai bukti cinta kita oada Al qur'an sekaligus pada Allah swt, sehingga kita tergolong Ahlu Allah. Deket dengan Allah pasti Allah akan memperhatikan kita dan menolong kita. 

Semoga Allah memudahkan urusan kita semua. Hasbunallah nikmal maula wanikmal wakil, nikmal maula wanikman nashir. Aamiin.

No comments:

Post a Comment